Efek Samping Obat Tbc Dari Dokter Yang Dikonsumsi Selama 6 Bulan

Efek Samping Obat Tbc .- Penggunaan obat anti TBC selama 6 bulan tanpa putus merupakan pengobatan TBC secara medis yang sering dilakukan oleh dokter dan memang cara ini memberikan hasil yang memuaskan yakni hampir semua kasus TBC dapat disembuhkan.

Namun dibalik itu semua, sama halnya dengan obat-obatan lain obat anti TBC dapat menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh, apa saja efek samping tersebut ? berikut kami berikan informasi tentang efek samping obat tbc yang biasa diresepkan dokter untuk menyembuhkan penyakit TBC.

Efek Samping Obat Tbc

efek samping obat tbc

Ketika seseorang positif terkena penyakit TB maka biasanya dokter mengharuskan penderita untuk mengkonsumsi obat secara terus menerus tanpa putus selama minmal 6 bulan bahkan ada yang lebih dari 6 bulan yakni hingga 9 bulan. Hal pertama yang tentunya ada dalam benak anda adalah apakah ada efek samping dari obat tbc tersebut ? jawabannya tentu ada dan berikut adalah beberapa efek samping obat tbc yang bisa terjadi, yakni :

1.) Kulit Terasa Gatal

Salah satu efek samping obat TBC yang bisa saja dialami oleh penderita penyakit TBC adalah timbulnya rasa gatal pada kulit.Namun untuk lebih meyakinkan apakah gatal tersebut akibat obat tbc yang dikonsumsi atau ada penyakit lainnya, maka segera hubungi dokter jika hal tersebut dialami.

2.) Timbulnya Rasa Mual

Pada saat mengkonsumsi obat tbc maka perut akan terasa mual, hal tersebut dikarenakan salah satu obat tbc mengandung zat pirazinamid. Hal ini biasa terjadi pawa awal pengobatan yakni 1-2 bulan sehingga anda tidak perlu cemas.

3.) Hilangnya Nafsu Makan

Mengingat obat tbc mengandung zat isoniazid maka biasanya penderita TBC yang mengkonsumsi obat tbc akan mengalami hilangnya nafsu makan, hal ini tentu akan berdampak kepada kurangnya asupan makanan bagi tubuh kita. Selian itu zat isoniazid dalam obat tbc juga bisa membuat sipengkonsumsi mati rasa ( kesemutan ).

4.) Mengakibatkan Penyakit Kuning ( Hepatitis )

Dengan mengkonsumsi obat-obatan TBC secara terus menerus maka dapat meningkatkan terkenanya penykait kuning ( hepatitis ) yang ditandai dengan mata dan kulit berubah menjadi kuning. Hal ini tentu menjadi ancaman yang serius mengingat penyakit kuning bisa mengancam jiwa. Untuk itu segera temui dokter jika kondisi anda terkena penyakit kuning.

5.) Gangguan Penglihatan

Efek samping obat tbc juga bisa berimbas pada penglihatan yakni mata mengalami rabun bahkan sampai buta warna. Hal tersebut dikarenakan obat tbc mengandung zat yang bernama etambutol.

6.) Gangguan Pendengaran Dan Keseimbangan

Bukan hanya penglihatan obat tbc juga bisa berefek pada rusaknya atau terganggunya fungsi saraf kedelapan yakni saraf yang berkaitan dengan pendengaran dan keseimbangan sehingga dapat menyebabkan terjadinya gangguan keseimbangan, sakit kepala hingga mengalami tuli.

Itula beberapa efek samping obat tbc yang bisa terjadi, namun anda tidak perlu khawatir selama pengobatan tbc dengan mengkonsumsi obat terus menerus tanpa putus selama minimal 6 bulan sesuai dosisi dan diawasi dokter maka efek samping yang terjadi kecil kemungkinan terjadi.

Selain dengan mengkonsumsi obat tbc yang diresepkan oleh dokter, bagi anda penderita penyakt tbc anda juga bisa melakukan pengobatan tbc secara alami yakni dengan mengkonsumsi obat tbc herbal yang mana cara ini lebih aman bagi tubuh karena tidak akan menimbulkan efek samping.

Demikianlah informasi tentang efek samping obat tbc ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingi tahu anda, terima kasih banyak kami ucapkan telah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini, jangan lupa untuk dibagikan jika dirasa artikel ini bermanfaat.

Efek Samping Obat Tbc

Artikel Lainnya :

Ciri ciri Sakit Tbc
Batuk Berdahak Disertai Darah Dan Cara Mengatasinya

Post By

Cara Mengobati Tbc Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *