Ciri Ciri Tb Yang Sudah Parah

Ketika penyakit TB ( tuberkulosis ) sudah parah maka kondisi tersebut jelas sangat berbahaya sehingga perlu mendapatkan penanganan intensif, lalu seperti apa ciri ciri tb yang sudah parah ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak.

Ciri Ciri Tb Yang Sudah Parah

Ciri Ciri Tb Yang Sudah Parah

TB ( tuberkulosis ) adalah penyakit menular berbahaya yang menyerang organ paru paru, namun tb juga bisa menyerang organ lainnya seperti tulang belakang ( tbc tulang ) dan kelenjar getah bening ( tbc kelenjar ) hingga usus ( tbc usus ).

Penyebabnya adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis yang masuk kedalam tubuh melalui udara atau kontak langsung dengan penderita TB.

TB termasuk kedalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia, dan dari data yang dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia ( WHO ) menjabarkan bahwa indonesia termasuk kedalam 6 besar negara dengan kasus TB terbanyak.

Dari beberapa kasus yang terjadi TB paling sering menyerang paru-paru dengan ciri atau tanda berupa batuk berdahak yang terus menerus, batuk darah, nafsu makan menurun, demam, sering berkeringat di malam hari, nyeri dada dan badan teras lemas serta lemah.

Batuk berdahak terus menerus yang lebih dari 21 hari adalah gejala khusus dari penyakit TB Paru sehingga apabila saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh maka anda patut mewaspadainya sebagai TB.

Namun tidak setiap batuk berkepanjangan adalah TB masih ada kondisi medis lain yang bisa menyebabkan timbulnya batuk berkepanjangan. ( Baca : Penyebab Batuk Berkepanjangan )

Pada dasarnya dalam kondisi normal dimana sistem kekebalan tubuh kita kuat basil TB akan diberantas jika masuk kedalam tubuh,namun jika sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun maka basil tb bisa lolos dan masuk kedalam tubuh.

Basil TB yang lolos masuk kedalam tubuh bisa bersifat tidak aktif dalam beberapa waktu sebelum kemudian menyebabkan timbulnya gejala tbc, kondisi tersebut dikenal dengan TB laten. Sementara basil TB yang sudah berkembang, merusak jaringan paru-paru, dan menimbulkan gejala dikenal dengan istilah tuberkulosis aktif.

Untuk itu penyakit TB lebih mudah atau rentan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah seperti bayi dan anak-anak, pengidap HIV/AIDS, penderita diabetes, dan pasien kanker yang tengah menjalani kemoterapi.

Orang yang kekurangan gizi, perokok aktif, pecandu narkoba dan orang yang sering berhubungan dengan penderita TB juga lebih mudah terkena penyakit TB.

Mengingat TB termasuk kedalam penyakit menular dan mematikan maka sudah selayaknya jika penyakit ini mendapatkan penanganan yang serius dan tuntas utamanya jika penyakit tbc yang diderita sudah parah.

Berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri ciri tb yang sudah parah dan perlu mendapatkan penanganan yang intensif, yakni :

  1. Batuk dahak yang tak kunjung sembuh
  2. Batuk berdarah
  3. Saat bernafas dada terasa nyeri
  4. Demam dan menggigil
  5. Nafsu makan menurun
  6. Penurunan berat badan
  7. Infeksi pada bagian tulang
  8. Urin keruh atau berwarna merah
  9. Lelah dan lemah
  10. Kejang-kejang
  11. Keringat berlebih saat malam hari
  12. Muncul benjolan yang semakin membesar

Segera temui dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat dan tuntas jika beberapa tanda atau ciri ciri tb yang sudah parah tersebut mulai anda atau orang terdekat alami, dengan begitu maka hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat penyakit TBC bisa dihindari.

Demikianlah informasi singkat tentang ciri ciri tb yang sudah parah ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *