Ciri Ciri Tb Kelenjar Pada Anak

Salah satu jenis TB yang bisa terjadi pada anak-anak adalah TBC Kelenjar, dan berikut ini adalah ciri ciri tbc kelenjar pada anak yang mesti di waspadai dan segera diatasi.

Ciri Ciri Tb Kelenjar Pada AnakCiri Ciri Tb Kelenjar Pada Anak Yang Mesti Diwaspadai

Selain pada paru, tuberkulosis ( TBC ) juga bisa terjadi pada bagian tubuh lain seperti selaput otak, tulang, kelenjar getah bening atau yang dikenal dengan TBC Kelenjar, ginjal hingga saluran kemih.

Namun dari beberapa bagian tubuh tersebut, tbc kelenjar lebih sering ditemukan kasusnya dan dapat terjadi pada anak-anak.

Diantara semua tbc kelenjar yang terjadi kasus terbanyak terjadi pada leher atau yang dalam istilah medis disebut dengan scrofula.

Scrofula adalah infeksi TB pada kelenjar getah bening di leher yang umumnya ditularkan saat seseorang menghirup udara yang terkontaminasi.

Sebagian besar Scrofula yang terjadi pada orang dewasa disebabkan oleh kuman jenis Mycobacterium tuberculosis, terutama yang mengalami gangguan sistem imun yang disebabkan oleh.

Sementara pada anak-anak, penyebab scrofula umumnya disebabkan kuman jenis mikobakteria atipikal.

Ciri Ciri Tb Kelenjar Pada Anak Dan Dewasa

Indikasi atau ciri ciri tb kelenjar yang paling mudah dikenali pada anak dan dewasa adalah munculnya benjolan di leher yang terus membesar dan tidak disertai nyeri atau sakit.

Selain itu, benjolan yang muncul umumnya hanya da satu pada satu area, namun ada pula yang memiliki benjolan lebih dari satu pada area yang sama.

Diameter atau besar benjolan umumnya 1 cm atau lebih dengan karakteristik benjolan kenyal, tidak nyeri, dan kadang saling melekat.

Selain ciri ciri tb kelenjar tersebut, orang yang menderita tb kelenjar di leher juga bisa mengalami beberapa kondisi lain yang mengikutinya seperti :

  1. Demam tinggi yang berkepanjangan.
  2. Mengalami batuk yang sering dan berulang-ulang.
  3. Bejolan terus-menerus tumbuh baik ukuran maupun jumlahnya.
  4. Pecahnya benjolan kelenjar pada bagian tertentu misalnya leher, benjolan yang pecah mengeluarkan cairan seperti nanah kotor
  5. Kelenjar getah bening mengalami Luka pada “Scropulosderma” yang penyembuhannya akan lama, bila sembuh pun akan terlihat sangat buruk.
  6. Penurunan berat badan

Disarankan untuk segera menemui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius jika beberapa indikasi atau ciri ciri tb kelejar diatas mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda.

Dengan begitu maka hal buruk yang mungkin saja terjadi sebagai akibat komplikasi penyakit tbc kelenjar dapat anda hindari serta peluang sembuh dari penyakit tb lebih besar dibandingkan jika pengobatan yang dilakukan ketika penyakit tb yang diderita sudah parah.

Komplikasi yang mungkin terjadi akibat tb kelejar adalah terbentuknya jaringan parut dan bekas luka yang terlihat kotor, benjolan yang semakin membesar hingga gangguan pernapasaan utamanya pada anak-anak.

Pengobatan Tbc Kelenjar

Secara medis pengobatan tbc kelenjar yang biasa dilakukan adalah dengan pemberian obat anti tbc ( OAT ) . Obat TB sediaannya kombinasi, terdiri dari isoniazid, pyrazinamid, rifampisin, dan ethambutol.

Obat tersebut mesti dikonsumsi oleh konsumen selama 6-9 bulan tanpa putus, karena hanya dengan cara tersebutlah bakteri tb dapat dimatikan.

Ketika pemberian obat tbc tidak membuahkan hasil maka operasi pembedahan mungkin perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit tbc kelenjar.

Selain pengobatan secara medis, penyakit tb kelenjar juga bisa diobati secara alternatif yakni dengan mengkonsumsi ramuan obat tradisional tbc kelenjar seperti QNC Jelly Gamat.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri tbc kelenjar ini semoga bisa dipahami dan dapat menjawab rasa ingin tahu anda, semoga bermanfat dan jangan lupa bagikan, jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *