Batuk Berdahak Berkepanjangan Tak Kunjung Sembuh

Jangan pernah anggap enteng dan sepele batuk berdahak berkepanjangan dan tak kunjung sembuh, bisa jadi itu tanda penyakit serius yang memerlukan penanganan dan pengobatan serius, lalu apa sebabnya ? berikut kami berikan informasi tentang penyebab batuk berdahak yang berkepanjangan, silahkan disimak !!!

Batuk Berdahak Berkepanjangan

Penyebab Batuk Berdahak Berkepanjangan

Batuk merupakan respon alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir dan berbagai macam penyebab iritasi atau iritan ( sepeti debu dan asap ) agar keluar dari paru paru.

Secara umum batuk bukanlah hal yang perlu diatasi dengan serius bahkan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa waktu sehingga tidak dibutuhkan pengobatan.

Namun walaupun begitu, adakalanya batu adalah tanda atau gejala dari penyakit tertentu yang memerlukan penanganan dan pengobatan serius.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Departemen Bedah Toraks di Icahn School of Medicine, Mount Sinai Hospital, Raja M Flores utamanya jika batuk yang dialami tak kunjung sembuh lebih dari 2-3 minggu lamanya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab batuk berdahak berkepanjangan yang tak kunjung sembuh yang perlu untuk diwaspadai, yakni :

– Pertusis

Pertuasis atau yang dalam istilah awam disebut dengan batuk rejan merupakan penyakit menular akibat adanya infeksi bakteri pada paru paru dan saluan pernapasan.

Pertusis berupa batuk keras terus-menerus setelah tarikan napas panjang.

Batuk akibat Pertusis biasanya diawali dengan gejala seperti flu yakni pilek, batuk ringan, dan demam. Namun lama kelamaan batuk akan semakin menjadi dan tak kunjung sembuh.

Jika saat ini anda memiliki kondisi batu tersebut maka sebaiknya segera diatasi karena jika tidak atasi bisa berkembang menjadi penyakit pneumonia.

– Pneumonia

Pneumonia adalah kondisi dimana membengkaknya kantong-kantong kecil di ujung saluran pernapasan paru akibat mengalami perdangan karena infeksi. Selain membengkak kantong yang seharusnya berisi udara malah terisi cairan sehingga fungsi dari paru paru menurun.

Salah satu indikasi atau gejala dari penyakit pneumonia ini adalah batuk yang tak kunjung sembuh disertai keluarnya dahak yang kental berwarna kuning, hijau atau darah, mengalami demam, nafas pendek, timbul rasa nyeri di dada ketika bernapas atau batuk dan lainnya.

Ketika penyakit pneumonia tidak mendapatkan penanganan yang serius maka bisa menimbulkan komplikasi berbahaya yakni berupa : infeksi darah, paru paru berlubang atau bernanah hingga Efusi pleura yakni menumpuknya cairan di paru paru.

– PPOK

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) merupakan salah satu penyakit paru yang sering ditemukan kasusnya dimana penyakit ini dapat membuat penderitanya kesulitan bernapas.

Perokok berat lebih mudah terkena penyakt ini, yang ditandai dengan mengalami batuk kronis dengan banyak lendir, terutama di pagi hari.

Orang yang menderita penyakit PPOK juga biasanya mengalami sesak nafas akibat dari paru kehilangan fungsinya.

– Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman tuberkulosis. Seseorang yang kekebalan tubuhnya lemah lebih berisiko terkena tuberkulosis.

Gejala utama yang paling mudah dikenali adalah batuk yang tak kunjung sembuh. Selain itu orang yang menderita TBC juga bisa mengalami nyeri dada, kelelahan, penurunan berat badan, demam, berkeringat di malam hari, bahkan terkadang sampai batuk darah.

Segera atasi dengan serius jika saat ini atau orang terdekat anda terindikasi menderita gejala tbc karena penyakit tbc yang tak diobati dengan serius bisa menyebar ke tulang belakang, persendian, otak, kelenjar getah bening ( tbc kelenjar ) bahkan jantung

– Kanker paru

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Chest menyebutkan bahwa sekitar 60% pasien kanker paru-paru mengalami batuk kronis, bahkan batuk sering kali menjadi gejala kanker paru yang muncul.

Waspada dan segera periksakan diri anda kepada dokter jika mengalami batuk tak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu utamanya jika disertai batuk berdarah, suara serak, lendir berwarna, nyeri menelan, dan nyeri di dada terlebih jika anda merupakan seorang perokok berat.

Nah itulah beberapa penyebab batuk berdahak berkepanjangan tak kunjung sembuh ini semoga bisa dipahami sekaligus menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artkel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *